Antara Gadget dan Al-Qur’an

16 Jan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Gadget dan Alqur'anAntara Gadget dan Al-Qur’an – ini hanya sekedar opini atau ocehan yang saya tuliskan berdasarkan apa yang terjadi dan saya lihat.  Gadget, pasti anda semua sudah tahu apa itu kan? Bahasa sehari-harinya gadget itu, yah benda yang modern dan canggih. Jenis-jenisnya banyak sih, mulai dari handphone, smartphone, tablet, laptop dan lain-lain. Gadget menjadi barang yang wajib di bawa kemana saja dan dimana saja oleh kebanyakan orang. Ada yang menggangap Sehari tanpa gadget itu, hidup terasa sepi. Karena dengan gadget tersebut, mereka bisa menggunakan jejaring sosial untuk mencari teman, update status, curhat-curhatan, apa saja lah, terserah mereka, yang penting rame. Wahh, dahsyat banget pengaruh si gadget ini ya., Sampai melupakan sesuatu yang seharusnya lebih utama dari itu. Tidak menjadi masalah sih sebenarnya, tohh memang sudah zamannya seperti ini, modern dan canggih. Hanya saja harus dipergunakan dengan baik dan benar, sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang akhirnya membuat rugi diri sendiri dan orang lain.

Nah, yang menjadi pertanyaan buat kita yang beragama muslim. Bisa tidak sehari tanpa Al-Qur’an, seperti halnya gadget tersebut? May be Yes, May be No. Sebenarnya sih, tidak ada alasan untuk tidak bisa. Kenapa???

  1. Karena Al-Qur’an merupakan kitab suci umat muslim
  2. Karena Al-Qur’an merupakan pedoman serta petunjuk ke jalan kebaikan dan kebenaran
  3. Karena Al-Qur’an bisa menjadi obat yang mujarab
  4. Karena Al-Qur’an bisa memberikan solusi terhadap permasalahan kita
  5. Karena Al-Qur’an bisa membuat hati tenang
  6. dan Masih banyak lagi.

Wawwww, Begitu banyak manfaat dari Al-Qur’an ini. Apa kita semua masih ingin melupakan Al-Qur’an?. Sekarang pertanyaan lainnya buat kita semua. Gadget atau Al-Qur’an yang selalu anda bawa? kapan terakhir kali kita membuka dan membaca Al-Qur’an?

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa yang sedang mendapatkan musibah, kesedihan hati dan kegundahan jiwa kemudian membaca do’a ini pastilah Allah akan menghilangkan semua kesedihan dan kesulitannya serta menggantikan dengan jalan keluar baginya”.

اَللَّهُمَّ اجْعَلِ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قُلُوْبِناَ، وَنُوْرَ صُدُوْرِناَ، وَجَلاَءَ أَحْزَانِناَ، وَذَهَابَ هُمُوْمِناَ

“Ya Allah jadikanlah Al Qur’an sebagai penyejuk hati kami, cahaya yang menyinari dada kami, pelipur duka kami dan penghapus kesedihan kami”.

Gadget memang mempunyai banyak manfaat tersendiri, ada banyak ribuan aplikasi yang bisa digunakan didalamnya. Apakah di Gadget anda sudah terpasang Al-Qur’an digital? Jika sudah, berarti tidak ada alasan lagi dunk, untuk tidak membaca alquran? jika belum, kenapa tidak segera memasangnya? Agar anda bisa membaca Al-Qur’an setiap hari. Masa sih, dalam 24 jam sehari, tidak bisa kita luangkan waktu 10-20 menit untuk membaca Kitab Suci Al-Qur’an?

Firman Allah SWT : “Maka tatkala mereka melupakan peringatan (Al-Qur’an) yang telah diberikan kepada mereka, Kami-pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa”
(QS. AL-AN’AM : 44)

[Renungan Buat Kita Semua]

Jangan pernah berhenti untuk merayu diri agar segera bangkit. Tanyakanlah pada diri kita:

  • Wahai diri, tidakkah kamu malu kepada Allah Swt? Mengaku cinta kepada Allah Swt tetapi tidak merasa senang berinteraksi dengan Kalam-Nya. Bukankah ketika manusia cinta dengan manusia lain, ia menjadi senang membaca suratnya bahkan berulang-ulang? Mengapa kamu begitu berat dan enggap untuk hidup dengan wahyu Allah Swt? Adakah jaminan bahwa kamu mendapat pahala gratis tanpa beramal shalih? Dengan apa lagi kamu mampu meraih pahala Allah Swt? Infak cuma sedikit, jihad belum siap, kalau tidak dengan Al-Qur’an, dengan apa lagi?
  • Wahai jiwaku, siapa yang menjamin keamanan dirimu saat gentingnya suasana akhirat? Padahal Rasulullah Saw menjamin bahwa Allah Swt akan memberikan keamanan bagi manusia yang rajin berinteraksi dengan Al-Qur’an, mulai dari sakaratul maut hingga saat melewati shirat.
  • Wahai jiwaku, tidakkah kamu malu kepada Allah Swt? Dengan nikmat-Nya yang demikian banyak, yang diminta maupun tidak, tidakkah kamu bersyukur kepada-Nya, mendekatkan diri kepada-Nya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an?
  • Wahai jiwaku, sadarkah kamu ketika Allah Swt dan Rasulnya mengajak dirimu memperbanyak hidup bersama Al-Qur’an? Untuk siapakah manfaat amal tersebut? Apakah kamu mengira bahwa dengan banyak membaca Al-Qur’an maka kemuliaan Allah dan Rasul-Nya menjadi bertambah? Dan sebaliknya, jika kamu tidak membaca Al-Qur’an, kemuliaan itu berkurang? Sekali-kali tidak. Semua yang kita baca dan lakukan, kitalah yang paling banyak mendapatkan manfaatnya.
  • Wahai jiwa, tidakkah kamu merasa khawatir dengan dirimu sendiri? Selama ini hidup tanpa al-Qur’an, jatah usia makin sedikit, tabungan amal shalih masih sedikit, jaminan masuk surga tak ada di tangan. Sampai saat ini belum mampu tilawah rutin satu juz per hari, jangan-jangan Al-Qur’anlah yang tidak mau bersama dirimu karena begitu kotornya dirimu sehingga Al-Qur’an selalu menjauh dari dirimu.
  • Wahai jiwa, tidakkah engkau tergiur untuk mengikuti kehidupan Rasulullah Saw dan para sahabat serta tabiin yang menjadi kenangan sejarah sepanjang zaman dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an? Jika hari ini kamu masih enggan berinteraksi dengan Al-Qur’an apa yang akan dikenang oleh generasi yang akan datang tentang dirimu?

Marilah kita sama-sama kembali mendekatkan diri kepada kalam Allah SWT, sebagai catatan buat para pembaca blog ini. Saya menulis seperti ini, bukan berarti saya orang yang sok alim, ahlii ibadah atau orang yang berlebihan. Tidak, tidak, saya bukan orang seperti itu, saya hanyalah orang biasa yang ingin sharing dan sama-sama mengajak para pembaca blog yang muslim untuk kembali mencintai Al-Qur’an. Mari padukan teknologi dengan Ilmu Taqwa. Semoga kita menjadi muslim yang selalu dekat dengan Al-Qur’an, serta mengamalkan, agar kita dicintai oleh Allah SWT. Amiinn..Yaa..Rabbal..’Alamin

“Bacalah kamu akan Al-Quran, sesungguhnya (al-Quran) akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada pembaca-pembacanya.” (HR. Muslim)

Demikianlah artikel singkat ini tentang Antara Gadget dan Al-Qur’an, semoga bermanfaat buat kita semua.. ^_^ Wassalam..

Grup Facebook : Pecinta Al’Qur’an

Iklan

2 Tanggapan to “Antara Gadget dan Al-Qur’an”

  1. Rinrin Rinjaniah 17 Januari 2014 pada 00.16 #

    Ajaibnya Al qur’an gan, adalah membaca al qur’an dapat mendatangkan ketenangan jiwa hingga 97%. Penelitian ini dilakukan tidak serampangan oleh konferensi kedokteran islam Amerika utara tahun 1984. Penelitian itu menggunakan alat canggih.
    Ternyata respon emosi dari yang mendengarkan bacaan al-Qur’an semakin membaik, dari depresi, sedih, kamudian berubah menjadi tenang.
    So, aku balik nanya lagi kapan terakhir kali dirimu membaca ataupun memegang Al-Qur’an??

    • Rudi Hartoyo 17 Januari 2014 pada 09.02 #

      insyaallaah dan alhmdulilah, setiap habis solat maghrib atau isya.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: